Rabu, 02 Juni 2010

Bab 4 Manusia dan cinta kasih

A. Pengertian Cinta kasih

Menurut kamus bahasa indonesia karya W.J.S Poerwardaminta, cinta ialah rasa sangat suka(kepada) atau rasa sayang(kepada) ataupun rasa sangat kasih ataujuga sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih adalah rasa sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan kata lain dapat ditarik kesimpulan cinta kasih ialah perasaan suka(kepada) seseorang yang sangat berlebih dan juga menaruhkan rasa belas kasihan didalamnya. Adapun dari kedua kata itu saling berbeda makna pusat. Yaitu pada kata cinta mempunyai maksa pengertiannya rasa yang mendalam, sedangkan kasih lebih kelurnya dalam arti dari wujud nyata berbentuk tindakan. Ekspresi cinta dapat termasuk cinta kepada ‘jiwa’ atau pikiran, cinta hukum dan organisasi, cinta badan, cinta alam, cinta makanan, cinta uang, cinta belajar, cinta kuasa, cinta keterkenalan, dll. Cinta kasih yang sudah ada perlu selalu dijaga agar dapat dipertahankan keindahannya. Cinta kasih manusia dapat dibagi menjadi tiga yaitu:
1.cinta kasih kepada Tuhan, sebagai bentuk rasa syukur manusia kepada sang Penciptanya.
2.cinta kasih manusia kepada sesamanya, cinta kasih manusia kepada sesamanya dapat diexpresikan dalam berbagai bentu dan kegiatan yang mungkin sangat banyak sekali untuk disebutkan satu persatu.
3.selanjutnya adalah cinta kasih manusia kepada alam. ini adalah wujud dari manusia menghargai alam daengan cara memelihara serta merawat lingkungan nya agar tetap terjaga dan indah.
Mungkin itu saja yang dapat saya ungkapkan tentang apa yang saya tahu dari cinta kasih manusia yang begitu besar makna dan artinya karena tanpa danya rasa itu maka hidup pun terasa sangat hampa. Adapun terdapat faktor yang saling terikat diantaranya; cinta menurut agama, kasih sayang, kemesraan, pemujaan, belas kasihan, dan cinta kasih erotis.Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SelamatDatang., SemogaBerguna...