Selasa, 13 Maret 2012
Teknik Animasi Pada Game dengan menerapkan konsep Make
Animasi dengan teknik ini atau yang disebut dengan teknik make biasanya dipergunakan untuk animasi umum, akan tetapi dapat digunakan untuk proses pembuatan animasi pada lainnya. Animasi dengan teknik ini memiliki sprite yang terus menerus digenerate oleh program yang sudah di atur sebelumnya, kemudian ditampilkan dengan perhitungan tertentu.
Animasi ini biasanya dilakukan oleh 3D modelling dan shading software seperti AutoCad, 3D Studio, Presidio 3D Workshop dan lain-lain. Operasi diatas haruslah digenerate secara langsung dengan perhitungan sesuai aturan sehingga saat pembuatan hampir bersamaan dengan saat menampilkannya.
Adapun Komponen dalam Game diantaranya :
Sprites
Sprites adalah kumpulan gambar-gambar yang digunakan untuk icon, karakter ataupun gambar bergerak dalam game. Sprites dapat dibuat dari gambar-gambar yang sudah dibuat dalam sebuah art packages, download dari internet maupun dibuat secara manual dengan menggunakan software seperti Adobe Photoshop.
Objects
Sprites tidak dapat melakukan sesuatu dengan sendirinya. Sprites hanya menyimpan gambar-gambar dari elemen-elemen yang berbeda dalam sebuah fame. Objects adalah bagian dari game yang mengontrol bagaimana elemen-elemen tersebut bergerak dan berinteraksi satu sama lain. Contohnya adalah karakter dalam game.
Events dan Actions
Events adalah hal-hal penting yang terjadi didalam sebuah game, seperti ketika objects saling bertumbukan maupun ketika user menekan tombol pada keyboard. Actions adalah hal-hal yang terjadi sebagai respon dari sebuah event, seperti perubahan arah pergerakan objects, perubahan score, atau memainkan sebuah lagu.
Backgrounds
Backgrounds adalah gambar –gambar yang digunakan sebagai gambar latar belakang game dan merupakan jenis lain dari resource, seperti sprites dan objects. Pada umumnya ukuran backgrounds sama dengan resolusi game.
Sounds
Sounds juga termasuk resource game, jenis sounds dalam game ada dua, yaitu musics dan sound effect. Sounds sangat mempengaruhi atmosfer dalam game. Masters berupa lagu yang terus mengalun selama game dimainkan, namun lagu yang dimainkan pada umumnya bergantung pada tempat atau kondisi game. Sounds effect adalah suara yang hanya terdengar ketika terjadi suatu hal tertentu, misal penekanan tombol, karakter terkena pukulan dan sebagainya. Kegunaan dari sound effects adalah untuk membantu user mengetahui action yang dilakukan maupun hal yang sedang terjadi.( Dawang Muchtar,2005)
Status
Status adalah sekumpulan informasi yang berguna untuk orang yang memainkan sebuah game untuk mengetahui kondisi permainan saat itu. Bergantung dari jenis game-nya informasi yang disampaikan melalui status dapat bermacam-macam.
Turn Based
Turn Based adalah sebuah sistem dalam game untuk menentukan giliran dimana hanya satu user yang dapat bergerak dalam suatu waktu tertentu. Contoh game antara lain Tic Tac Toe, Scrabble, Catur, Permainan Kartu dan lain-lain.
Sudut Pandang User
Sudut pandang user dalam game ada 2, yaitu :
a) First Person View adalah sudut pandang orang pertama, dimana user dijadikan seperti karakter yang dimainkan, sehingga user melihat dari sudut pandang karakter yang dimainkan. Contoh game : Counter Strike, HALO
b) Third Person View adalah sudut pandang orang ketiga, dimana user dapat melihat keseluruhan tubuh karakter dalam game. Contoh game : Ragnarok Online, FATE
Elemen Dasar
Setiap permainan digital memiliki elemen-elemen dasar, berupa:
a) Grafis, yakni tampilan game tersebut di layar atau display alat elektronik, bisa berupa kumpulan pixel (satuan unit gambar terkecil) atau salah satu bagian gambar tersebut menunjukkan gerakan yang adalah hasil manipulasi si pemain.
b) Interface, alat pengentara dimana pemain memanipulasikan game yang mengentarai dan memproses manipulasi pemain menjadi input dalam game, dapat berupa keyboard, mouse, joystick ataupun tampilan-tampilan tertentu dalam game
c) Aktivitas pemain, yakni jantung dari pengalaman bermain game, tanpa aktivitas pemain maka tidak akan ada suatu permainan; aktivitas bisa bersifat diegetic (bagaimana karakter si pemain berubah aktivitas pemain) dan bersifat extradiegetic (apa yang terjadi secara fisik pada diri pemain tersebut).
d) Sebuah algoritme, yakni jantung dari program game yang merupakan serangkaian program berisi otak dan seperangkat aturan yang mendasari dinamika game tersebut.
#Sumber : Teknik-teknik pada Animasi dan Download di sini
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
SelamatDatang., SemogaBerguna...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar