1.
Judul Game : The Adventure of Gatotkaca
2.
Tingkat: SMP.
Materi diambil dari buku Let’s Talk , Tahun 2007 Pengarang Bachtiar Bima dkk,
Penerbit PT.Pakar Raya : Bandung
3.
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris dengan materi Teks
Narrative
Standar Kompetensi :
8.Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolong pendek sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Indikator : 8.2.1.Mengidentifikasi
makna dalam teks monolog berbentuk narrative 8.2.2.
Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative
8.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks
narrative
4.
Deskripsi Game: Game ini termasuk game pendidikan
atau game edukasi, khususnya pelajaran Bahasa Inggris. Jenis game ini adalah
game petualangan. Pemain yang dimainkan adalah pemain tunggal (single player),
yaitu Gatokaca adalah tokoh utama sebagai seorang petani, Prabu Dasamuka adalah
seorang raja Hastina, Srikandi adalah putrid Prabu Dasamuka, Ki Sengkuni adalah
seorang pertapa yang membantu Gatotkaca dan Burisrawa adalah seorang pencuri
perhiasan.
5.
Cerita Singkat:
Game
ini bercerita tentang seorang putri raja (Srikandi) yang kehilangan
sebuah perhiasan berharga di istananya. Kemudian sang Raja (Prabu
Dasamuka) mengadakan sayembara bagi siapa saja yang menemukan perhiasan
tersebut akan diberikan sebidang tanah dan menjadi suami Srikandi. Sementara
itu, seorang pemuda dari desa, Gatotkaca, mencoba mengikuti sayembara tersebut.
Sebelum Gatotkaca dapat mengikuti sayembara itu, ia harus menjawab 3
pertanyaan dari Penjaga Istana. Jika ia dapat menjawab pertanyaan itu, ia dapat
melanjutkan pengembaraannya dengan melewati hutan. Di hutan dia bertemu Pertapa
(Ki Sengkuni). Ki Sengkuni bersedia memberitahu siapa pencurinya jika Gatotkaca
dapat menjawab 3 pertanyaan dari Ki Sengkuni. Jika Gatotkaca
dapat menjawab semua pertanyaan tersebut, maka Ki Sengkuni akan
mengatakan bahwa yang mencuri perhiasan tersebut adalah raja Pencuri (Burisrawa)
dan menyebutkan dimana ia tinggal. Setelah sampai di rumah Burisrawa, Gatotkaca
meminta perhiasan yang dicuri Burisrawa. Burisrawa mau memberikan perhiasan itu
jika Gatotkaca dapat menjawab 3 pertanyaan tentang bentuk Simple Past
Tense yang berhubungan dengan Teks Narrative. Apakah Gatotkaca dapat
menyelesaikan misinya untuk menemukan perhiasan/kalung itu?
SKENARIO
Map1:
Kerajaan Hastina
Gatotkaca
pergi ke kerajaan Hastina untuk mendengarkan pengumuman Prabu Dasamuka tentang
hilangnya sebuah perhiasan dan gambaran suasana kerajaan Hastina yang penuh
dengan para penjaga dan rakyat.
Map2:Di
hutan
Gatotkaca
bertemu Ki Sengkuni . Jika Gatotkaca dapat memecahkan semua pertanyaanya maka
Gatotkaca dapat pindah ke stage 3.
Map3: Di Rumah Burisrawa
Gatotkaca
harus memecahkan soal Bahasa Inggris (Simple Past Tense) yang
disampaikan oleh Burisrawa. Jika Gatotkaca dapat menjawab semua pertanyaanya
maka Gatotkaca dapat pindah ke stage 4 (KerajaanHastina)
Map
4: Di Kerajaan Hastina (lagi)
Stage
ini merupakan stage akhir dari pertualangan Gatotkaca. Disini Gatotkaca bertemu
dengan Prabu Dasamuka dan putrid Srikandi, kemudian di menyerahkan perhiasan
dan Burisrawa. Setelah itu dia baru mendapatkan semua hadiah yang
dijanjikan.
NPC
- Gatotkaca = Seorang pemuda anak
petanai yang ikut lomba mencari perhiasan sang putri
- Prabu Dasamuka = Raja Bijaksana
dari kerajaan Hastina
- Putri Srikandi = Putri cantik yang
kehilangan kalungnya
- Penjaga = Orang gagah
perkasa dan baik hati yang memberitau Gatotkaca tentang perlombaan.
-
- Ki Sengkuni =
Pertapa arif bijaksana yang membantu Gatotkaca menemukan perhiasan yang hilang
-
- Binatang = Para
binatang yang mencoba menghalang-halangi perjalanan Gatotkaca
- Burisrawa = Seorang raksasa jahat
yang mencuri perhiasan putri raja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar